Posted by purnawan on 9:46 PM | No comments




Apaan tuh Pulau Beras Basah?? Kok namanya beras basah??
Pasti pada ngernyitin dahi dah pas baca nama tuh pulau.
Ya emang begitu name nye,,, makanye gaull... sering2 buka peta terutama kaltim,,,
Neh Pulau masuk wilayah Kota Bontang, kalimantan timur...

Intro :

Nah knapa seh namanya kok Beras Basah? Katanya seh kl gw baca2 searching dari google ya, Menurut rakyat sekitar sana, dahulu kala ada Kapal milik Kesultanan Kutai yg lagi berlayar di sekitar Selat Makassar. Nah cargo kapal itu isinya bahan pangan dan salah satunya beras. Dalam perjalanan tiba2 aje kapal ntuh karam, trus numpahin deh sebagian beras yang di angkut, dan aneh nya kok tidak tenggalam. Sbagian yg lain muncul gundukan, lama kelamaan gundukan tuh td berubah jadi pulau berpasir putih seperti beras, makanya dinamakan Pulau Beras Basah, Pulau yang dikelilingi oleh pasir putih seperti beras dan basah karena dikelilingin oleh lautan. Begitu salah satu cerita versi nya... gw lebih demen versi yg ini seh, krn lebih mistis, kok bisa dari beras jd pulau. Ada versi yg laen nya jg. Cari aja ndiri dah ya.

Lanjut ke inti cerita :

Perencanaan ke pulau ini ga lama. Malah bisa dibilang ga direncanain, karena ga sesuai rencana. Nah lho....bisa begono ya?
Awal mulanya dari habitat di tempat kerja, kantor gw di bontang. Biasa tuh sayembara via email.. Sayembara dibuka hari jumat (11-Okt-13) ampe ditutup hari sabtu (12-Okt-13).  Sapa nyang mo ikutan ngacung ya. Banyak dah tuh nyang ngacungkan diri, kira2 ada dah 15 orang an.
Rincian biaya buat ini, buat itu, bla bla bla... jadi tiap orang bayar segini ya.... Oke dah tuh pd setuju. Ktemuan di...... bla bla bla 

Skip skip skip...

Pas hari H, Minggu (13-Okt-13 ).. siap2 dah tuh gw, membawa peralatan journey yg selalu lengkap.mDengan motor scoopy gw, motor sewaan yg oke punya, gw brangkat di mess gw ke lokasi meeting point di Masjid Raya Baru Bontang.

Ampe sana eh cuma 4 orang doang nyang nongol, et dah buset pada kemane yg laen nya, macem2 alesan nye, ada yg masuk lembur kerj, ada yg msh molor, ada yg jagain adek nya, macem2 dah. Kgk enak neh kalo cuma berempat, kgk bisa jd pandawa, gw calling lg dah pemaen cabutan dari tmn kerja yg laen tp beda kantor. Lengkap dah neh ber lima.. kita langsung menuju ke TKP pertama dulu... Pelabuhan Tanjung Laut... kira-kira sekitar lima menit lah dari Mesjid Raya Baru Bontang,

Nah ini dia gan tersangka nya yang ganteng2 banget dah ah :
 

 Andry, Jabon, Pujo, P.A., Emer



 Persiapan Naek Kapal


Perjalanan dari Pelabuhan Tanjang Laut ke Pulau Beras Basah sekitar 45 menit an. Untung aja cuaca agak mendukung & ombak jg ga terlalu besar, malah bener2 bisa nikmatin perjalanan di laut.

 At Kapal

Lama2 kliatan juga dah tuh Pulau yg dituju, ada mercusuarnya tinggi banget. Nyampe di dermaga Pulau Beras Basah, Kapal merapat & Tas plus peralatan kita angkut... langsung dah, pose pertama ketika menginjakan kaki d Pulau Beras Basah..



 At Dermaga Pulau Beras Basah



Kita langsung cari tempat untuk bersantai.. ada penyewaan alas tikar.. ada juga semacam pendopo gt...cari yang emang masih kosong.


Karena hari minggu kali ye, jd lumayan rame dah pengunjung yg dateng. Akhir nya nemu juga tuh pendopo buat kita istirahat n santai, walau ada orang nya tp hanya 2 orang, sok sok kenalan and pasang muka ramah, kita bisa numpang barengan untuk istirahat d pendopo.

Simpan tas, ganti kaos, kluarin smua peralatan, langsung hunting lokasi buat take the picture..

 Ready...

 Hiya...!!

 Ready...

 Ready....

Ga nyangka juga hasilnya bisa keren bgt,  apa kamera nya yg keren, ato tempat lokasi nya yang keren?
Menurut gw sih emang orang2 nya yg kerennn ( gyumprannkkk !!! piring terbang dari kejauhan 5 meter )
Oh iya di Pulau Beras Basah ini juga ada beberapa fasilitas buat pengunjung, ada Masjid ( tempat wudhu nya blm ada ), Jualan Makanan, Jualan Minuman, Sewa Kamar Mandi plus Jual Air Tawar nya. ( Mijit and Dugem kgk ada gan )
Dsini kudu beli air tawar gan kl buat mandi, botol 1 Liter 5rb, kalo yang dirigen 10rb. Tapi kl buat wudhu, gratis gan.. jadi kl mau ga bayar, bilang aja buat wudhu, ( hahahaha culas bgt, ya )
 

2 temen ane, Andry and Emer, udah siap dengan peralatan snorkeling nya gan, lengkap sudah. Ganti2 an kita pake tuh alat tuk snorklingan, ga modal bgt ya ampe ganti2 an.
Neh foto2 kita snorkling & swimming gan..





Swimming at Pantai Pulau Beras Basah


Pas renang gt, rada2 tajem gan, byk karang2 nya... jadi ati2 dah ya kl ntar mo renang & nyelem dsono....

Di sekitar pantai pulau beras basah, ada pemecah ombaknya gan, jadi pengunjung jg bisa maen2 ksana and take picture dari sana, kyk gw yg super narsis nih





Waktu sudah siang, kita istrihat dulu gan, makan nasi bungkus yg dah kita bawa dr pagi. Kirain gw mah ga ada yg jualan, ga taunya banyak gan. Tau gini gw kgk bawa dah.

Tp tetap aja insting photography ane ga bisa diem, tetap aja cari2 lokasi buat foto2..




Bening....
Backgroundnya Mantap Cing.... 

Dan ada satu foto lg yang jadi favorit gw, ini gan, knapa? Karena pnah menjadi DP di bbm gw beberapa hari. hahahaha

Menunggu Inspirasi...

Dsini juga ada fasilitas Banana Boat juga gan, biaya nya skitar 75rb skali narik ( kyk angkot aja ya narik ). Tapi kita2 ga naek gan, krn niat awal cuma pgn berenang and foto2 aja.

Hari menjelang sore,,, yg awalnya kita berlima, skarang kita kehilangan satu kawan kita gan, The Jabon..
Dan detik itu juga kita kubur dsana ( hiks hiks hiks, gw rela kok bon kl loe ninggalin kita2, tp kl utang yg blm loe bayar, gw ga rela bon,,, ntar kl dsana ada ATM, loe transfer ke gw ya )


 The Jabon is Death...


Tetapi, tanpa kita duga, jabon hanya low bat gan, ternyata dengan dikubur di dalan pasir, dia hidup kembali… senang sekali kita2…


Dari banyak beberapa foto hasil jepretan gw, ada juga yg bener2 gagal, padahal dah keren bgt tuh konsep nye. Neh kyk gini nih :


Kelapa nya doang yang bagus..orang nya blurrr...dah capek2 lompat...

Timernya kecepetan, dah ngejepret duluan...

Untung 2x take picture, Pas ampe TKP, Ngejepret lagi..hahay...


Sore sudah tiba gan, waktunya kita untuk persiapan pulang, karena kl ksorean takut macet di jalan ( mang nye di jakarte... macet..)
Dengan kapal yang sama, dan hati yang ga tega, kita harus berpisah, and we say.. “ Goodbye Beras Basah Island,, See U Next year,,, “   hah, NEXT YEAR ??? yakin,,,bakalan ksana lg??



Persiapan Pulang Kembali...



Perjalanan Kembali Ke Bontang

- - FINISH - -




Rincian Biaya Dari Jakarta & Kota Lain nya :

Jakarta – Balikpapan    :  400rb – 800rb ( pesawat )

Balikpapan – Bontang   : 100rb ( via bis ),  180rb-250rb ( travel regular / cipaganti ), 750rb ( carter innova )


Bontang – Tanjung  Laut : Naek ojek dari terminal ke plabuhan palingan 20rb, kalo td via travel bisa langsung di anter ksana


Tanjung Laut – Pulau Beras Basah : 500rb – 700rb 


Kalo agan mau nginap dulu d bontang, banyak bgt Hotel : harga mulai 150rb per malam

Note :
Semua cerita di atas fiktif belaka, nama pemerannya fiktif, orang nya fiktif, mungkin yang baca nya jg fiktif.
 

 









0 comments:

Search Our Site

Bookmark Us

Delicious Digg Facebook Favorites More Stumbleupon Twitter